Our Networks krazymarket.com dailysocial.net bolalob.com infokost.net

Rabu, 27 Juli 2011

adios batista





BUENOS AIRES – Pengabdian Sergio Batista sebagai entrenador Argentina berakhir. Buntut kegagalan di Copa America 2011, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) memutuskan memberi Batista surat pemecatan.


Pelatih yang mengantarkan Los Albicelestes U-23 meraih emas Olimpiade Beijing 2008 itu harus menerima nasib pahit karena tidak mampu menghadirkan Copa America ke Buenos Aires.Komite Eksekutif (Exco) AFA menilai Batista tidak mampu memaksimalkan talenta para pemain Argentina yang dihuni barisan pesepak bola kelas dunia dari berbagai macam klub papan atas Eropa.

Di turnamen yang baru saja menampilkan Uruguay sebagai juara itu,Lionel Messi dkk hanya menang satu kali. ”Berdasarkan rapat yang digelar AFA dan dihadiri seluruh anggota Exco, saya menginformasikan bahwa Batista tidak akan menangani timnas lagi.Kami menilai pelatih tidak mampu memenuhi target.

Presiden AFA (Julio Grondona) telah berbicara langsung kepada Batista.Dari pembicaraan telepon tersebut,Batista dapat menerima keputusan Exco,”ujar juru bicara AFA Ernesto Cherquis Bialo dikutip AFP.

AFA juga menjelaskan telah membatalkan uji coba melawan Rumania,bulan depan. Pembatalan itu dilakukan karena AFA akan mencari pelatih baru timnas terlebih dulu sebelum menggelar pertandingan- pertandingan uji coba antarnegara.

AFA belum bersedia menjelaskan sosok yang kemungkinan besar menjadi suksesor Batista.Namun,lembaga tertinggi sepak bola di Negeri Tango itu memastikan pelatih baru akan ditentukan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Pelatih baru itu nanti akan memimpin Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

“Untuk saat ini staf kepelatihan yang ikut membantu Batista akan dievaluasi oleh komite teknis.Bila memenuhi kualifikasi,mereka akan kembali bekerja untuk timnas.Yang pasti,kami akan secepat mungkin mengumumkan pelatih baru timnas.Kami berharap pelatih baru itu nantinya akan mampu memberi kebanggaan kepada masyarakat Argentina yang telah lama tidak merasakan gelar juara,”papar Bialo.

Dengan pemecatan ini,Batista mengikuti jejak sang pendahulunya, Diego Maradona. Uniknya,Batista dan Maradona adalah pemain yang bahumembahu di Piala Dunia 1986.Prestasi keduanya saat aktif menjadi pesepak bola juga sangat membanggakan.

Sebagai gelandang bertahan,sosok yang biasa disapa Checho itu sempat berjaya bersama Argentinos Junior dan River Plate.Tiga trofi Liga Argentina dan satu Copa Libertadores menjadi prestasi membanggakan Batista sebagai pemain. Sebagai pelatih, karier Batista lebih banyak dihabiskan di level junior.

Meski sempat menangani sejumlah klub Liga Argentina,Batista dikenang sebagai pelatih yang melahirkan pesepak bola muda Argentina.Dia adalah pelatih Argentina U-20 dan U-23.Emas di Beijing merupakan prestasi terbaik Batista pada karier kepelatihan.

Tak heran,seusai Piala Dunia 2010,dia ditunjuk AFA menjadi pelatih tim senior menggantikan Maradona yang mengundurkan diri akibat berselisih pendapat dengan Grondona.

Maradona juga sempat melontarkan kritik pedas kepada Batista dan AFA seusai Argentina disingkirkan Uruguay di perempat final. El Pibe de Oro menyebut Batista dan Grondona harus bertanggung jawab.

”Saya akan mengundurkan diri bila menjadi Batista.Gagal menjadi juara di kandang adalah hal yang sangat memalukan. Namun,semua kesalahan ada pada sosok Grondona. Dia membuat segalanya menjadi rumit.Dia terlalu banyak melakukan campur tangan. Seharusnya,Grondona juga ikut mundur,”kata Maradona,mengkritik

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
my other link Free download mp3 | facebookgenerator - hacking teknik | danger of smoking